Selasa, 07 Agustus 2012

15 Teknologi Terbaru Facebook 2012

Apakah anda suka dgn Facebook dan kecanduan dgn Facebook..? Mungkin ada benarnya juga jika anda kecanduan. Toh menurut survey, Facebook adalah salah satu Perusahaan Startup yg mampu menghipnotis anda untuk terus memakainya. s_sm_cendol.gif (42×18)

Tahun 2012 saja, Facebook ternyata ada merilis begitu banyak Teknologi Baru yg belum pernah terpikirkan oleh kita semua. (Data ini Sendiri Afridku ambil dari Edisi bulan Januari – Juli 2012) dan belum termasuk untuk bulan bulan selanjutnya yah. Nah, kalau Anda pengen tahu. Yuk langsung saja kita simak dibawah ini yah bolakbalik.gif (100×20)

Teknologi Facebook untuk Grup atau Pesan yg Lebih Baik
Teknologi ini mungkin adalah salah satu Teknologi yg Keren dari Facebook. Pembaharuan Teknologi ini diklaim mampu meningkatkan kenyamanan anda saat ber-FB ria dan ga bikin anda bosan lagi tuk mengetahui apakah pesan kita dibaca atau belum, lalu juga Fitur ini memperkuat sosialisasi yg lebih solid di FB.

Fitur FB ini sendiri mirip kayak Fitur yg ada di Blackberry. Yaitu suatu Fitur yg bisa membuat anda mengetahui siapa aja yg udah baca pesan anda walaupun mereka ga meninggalkan komentar. Nah, yg kerennya lagi, Fitur ini juga nyedian waktu kapan postingan update status anda dibaca oleh teman kita
Teknologi Facebook untuk Perbankan (Facebook Payment)
Anda Pasti mengenal donk apa itu Paypal ataupun Google Wallet. Itu tuh tuh suatu startup website tempat melakukan Pembayaran Digital secara online. Dilansir dari CNN, Facebook nampaknya memang serius menggarap sistem Perbankan Digital ini.

Ga tanggung tanggung, Facebook saat ini sudah berkerja sama dengan Commonwealthy BanK dalam menjalankan aksinya dalam Perbankan Online ini. dan menurut Peter Vogel. Layanannya Facebook Payment ini nantinya akan benar benar saingan berat Paypal dan Google Wallet, mengingat Facebook punya hampir 1 Milliar Pengguna dari Seluruh dunia. Anda bisa bayangkan saja Apa jadinya kalau Facebook menjadi Bank Dunia..  

facebook-death.jpg (300×221)
Teknologi Facebook untuk Kuburan Online
Ga pengen banyak ngomong tentang Fitur ini. Tapi Fitur ini sebenarnya adalah Fitur Penghargaan dari Pihak Perusahaan Facebook untuk menghargai orang orang yg sudah meninggal di Facebook. Fitur ini selengkapnya bisa anda baca di link ini :

Teknologi Facebook untuk Kalender Event yg Lebih Baik
Fitur Event di Facebook sebenarnya sudah ada beberapa tahun yg lalu. Tapi kali ini Tampilan dan Teknologi pada Event di Perbaharui oleh Pihak Facebook menjadi lebih baik dari sebelumnya. Di Fitur ini anda bisa membuat event atau acara berdasarkan Kalender Online.

Yg Kerennya nih, Facebook menanamkan benih benih Fitur baru yaitu List View pada Event Pagenya.

Teknologi Facebook untuk Mencari Pekerjaan
Menurut Afridku. Fitur ini kayaknya akan menjadi Pesaing Terberat Jejaring Sosial Berbasis Perkerjaan LinkeDln. Anda mungkin tahu selama ini kalau LinkeDln adalah Pemain Utama dalam Bisnis Jejaring Sosial Perkerjaan. Tapi kayaknya mulai tahun ini LinkeDln harus Extra hati-hati dgn Facebook, mengingat Fitur ini mungkin saja bisa membuat Nasib LinkeDln akan seperti Friendster

Teknologi Facebook untuk Media Berbagi File (Cloud)
Cloud atau Media Penyimpanan, mungkin anda juga udah tahu pemain pemain Internet di bisnis ini. sebut saja Dropbox, Box, Google Drive, 4Shared, Rapidshare, MediaFire, dan lain sebagainya yg bisa anda gunakan sebagai tempat menyimpan data anda baik itu berupa File Dokumen, Ebook, Komik, Video, atau apapun juga.

Nah, kayaknya Perusahaan Situs Website Media Cloud / File Sharing mestinya hati hati dgn Facebook. mengingat Layanan Facebook ini sejak diluncurkan versi beta ternyata disukai oleh banyak pengguna Facebook. bisa saja nanti nasib 4shared, Dropbox, box, google drive juga akan nasibnya sama kayak Friendster. Tercatat hingga saat ini, ada lebih dari 380 juta pengguna Facebook yg memanfaatkan File Sharing Facebook ini. untuk di Indonesia sendiri, Layanan ini masih belum aktif. Tinggal tunggu beberapa hari lagi

facebook_email.png (532×225)
Teknologi Facebook untuk Email
Mendengar kata Email. Mungkin di benak anda akan melekat Yahoo Mail atau Gmail.! Nah, kabar yg berhembus tanpa anda sadari diam diam ternyata Pihak Facebook menanamkan Fitur Teknologi Email secara Diam Diam

Artinya, Tanpa disadari, lebih dari 900 juta pengguna Facebook udah memiliki Email sendiri dgn usernamexx@facebook.com Email ini bisa anda gunakan untuk mengirim pesan ke email lain dari Ymail atau Gmail. Dulu, Facebook Cuma punya Fitur Pesan yg hanya bisa mengirim Pesan ke sesama teman di Facebook saja. namun, Sekarang kayaknya udah bisa keseluruh website didunia. Wah.., Ngeri juga nih yah. bisa bisa saja Ymail atau Gmail akan bernasib sama kayak Friendster. Tinggal menunggu waktu aja nih tuk melihat Kehebatan email dari Facebook ini.

Teknologi Facebook untuk Dekstop Chatting FB For Windows 7
Menurut TechCrunch. Fitur Chatting di Facebook ternyata sangat disukai oleh Pengguna Facebook. Mengingat sekarang juga di Facebook sudah ada beberapa icon emoticon yg lucu lucu yg berjumlah 21 buah.

Namun, baru baru ini, Facebook lagi lagi memperbaharui Teknologi Chattingnya agar bisa ditampilkan di Messenger Dekstop. Fitur ini layaknya nanti akan mirip Yahoo Mesengger yg sudah mulai kehilangan Pamornya. Tapi yg hebatnya lagi adalah Fitur Chatting For Window7 ini akan mendukung pemberitahuan Notifikasi dan News Feed. Serta Pesan yg masuk ke FB. Artinya, Fitur Dekstop ini tetap terhubung ke website Facebook. Walaupun Facebook anda gak aktif.

Teknologi Facebook untuk Edit Komentar
Menurut Mashable. Fitur ini diluncurkan di bulan Juli 2012 ini. Anehnya, walaupun anda sudah bisa mengedit komentar anda di Facebook lewat Fitur Teknologi baru ini. tapi lucunya, Pihak Facebook tetap akan menampilkan hasil Komentar anda sebelum di edit. Jadi, di Facebook anda tetap mesti sopan untuk menulis setiap komentar anda.

Teknologi Facebook untuk Instagram (FB Camera)
Dulu, Facebook sangat keteledoran dan ketakutan dgn Jejaring Sosial Foto Instagram. Digadang Gadang, Pertumbuhan Jejaring Sosial Foto Instagram ini tumbuhnya sangat super cepat melebihi Facebook.

Tapi, itu cerita dulu, kini Facebook sudah berhasil menumbangkan Layanan Jejaring Sosial Foto Terbaik di dunia tersebut dengan cara menyongoknya atau dalam istilah bisnisnya mengakuisisi nya dengan nilai hingga 1.000.000.000.000 Triliun Rupiah. Nah, hasil nyata layanan yg dibeli Facebook ini bisa anda rasakan di Fitur Facebook Cameranya. Secara tampilan, Facebook kamera hampir sama persis dgn Instagram. Di layanan ini anda bisa mengedit Foto anda menjadi lebih bagus

Teknologi Facebook untuk Lokasi
Sama kayak diatas, dulu Facebook juga takut dgn jejaring sosial berbasis Lokasi Forsquare. Tapi nasibnya kini juga udah sama, Facebook lagi lagi diatas angin, karena website jejaring sosial Forsquare nasib dan pamornya udah mulai meredup karena Facebook juga udah punya layanan serupa dari hasil kerjasamanya dgn Perusahaan Jejaring Sosial Glancee.

Beberapa Contoh Jejaring Sosial berbasis Lokasi yg udah dikalahkan oleh Facebook adalah Yahoo Koprol yg menyatakan dirinya bangkrut. Teknologi Facebook ini sendiri bermanfaat untuk kita mengetahui lokasi teman kita berada. Sayangnya, Fitur ini justru dimatikan oleh pihak Facebook sendiri karena masalah Privasi dan Keamanan Penggunanya yg bisa terancam kalau semua orang tahu tempat keberadaan anda.

Teknologi Facebook untuk Share Music di News Feed
Mendengarin musik di Youtube udah biasa. Tapi kalau dengerin musik di Facebook kayaknya ini suatu hal baru bagi kita kan. Sayangnya Fitur ini masih dalam tahap beta dan hanya bisa digunakan untuk sebagian orang saja.

Belum jelas juga tampilannya akan gimana nanti, apakah akan mirip Youtube.com ataukah akan ada mesin telusur otomatis di Facebook untuk mencari musik musik terbarunya layaknya Google Search Engine. Yah, kita tunggu aja kabar teknologi terbaru ini. oh yah, Ternyata Pihak Facebook untuk mengurus Layanan Musik ini, mereka ternyata berkerja sama dengan Perusahaan Musik Spotify.

Teknologi Facebook untuk APP Centre
App Centre bukan Cuma milik Android atau Apple saja. Facebook sekarang juga punya dengan Sebutan Facebook App Centre. Mengutip dari Ubergizmo. Teknologi ini digunakan untuk Aplikasi Aplikasi Facebook. Sayangnya, saat tulisan ini afridku buat. Facebook baru memiliki 600 Aplikasi dan hanya bisa dibuka khusus untuk orang America Serikat saja. untuk Indonesia masih menunggu beberapa bulan lagi.

Teknologi Facebook untuk TimeLine
Nah, kalau yg ini sih bukan Teknologi Baru. Teknologi ini adalah Teknologi yg udah dibikin Tahun yg lalu yg banyak menuai Protes yg sangat keras dari pengguna Facebook. Tapi nampaknya sudah hampir 1 tahun sejak peluncuran Teknologi Timeline ini, dulu orang yg protes kayaknya menyukai Fitur ini.

Kabar baiknya sekarang, Pihak Facebook lagi lagi Fokus pada Timeline untuk membuat orang agar lebih betah berlama lama di Facebook. Timeline sendiri adalah Fitur Antarmuka yg menampilkan segala aktivitas pengguna jejaring sosial yg diurutkan berdasarkan kronologis.

Teknologi Facebook untuk Mengindai dan Mengenali Wajah Anda
Nah, Teknologi yg terakhir adalah Teknologi Pengindai Wajah anda. Istilah kerennya adalah Teknologi yg menawarkan Layanan face Recognition atau Teknologi Pengenal wajah. Sayangnya Teknologi ini masih belum rampung karena Pihak Facebook ga punya keahlian di bidang ini.

Ditambah lagi Pemilik Teknologi Wajah ini sendiri bukan berasal dari Perusahaan Facebook, melainkan dari Perusahaan lain, Yaitu Perusahaan Face.com. Sayang seribu sayang aja, kabar yg berhembus dari Newsgeek. Pemilik Perusahaan Face.com ini menolak berkerjasama dgn Facebook karena menggangap uang akuisi Cuma $ 100.000.000 juta aja. sedangkan Pemilik Newsgeek pengen minta uang yg lebih…
TEKNOLOGI BARU FACEBOOK JANUARI – JULI 2012 1836615k8xh2wfnkt.gif (100×99)

Yupz, kita tunggu aja kabar selanjutnya yah dari Teknologi Terbaru Facebook di Tahun 2012 ini apakah Facebook makin ganas dgn Fitur Fitur kerennya ataukah akan ada pesaing baru. Yupz. Semoga tulisan ini bermanfaat yah. Makasih dan GBU 

0 komentar:

Posting Komentar